Recent Post By Lable

Mu-Sha Friends

Lingkungan Industri

Lingkungan Industri

Assalamualaikum Wr. Wb,

Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Mahaesa. Yang mana telah melimpahkan rahmat serta hidayahnya kepada kita semua , sehingga kita bisa berkumpul diruangan ini dalam keadaan sehat tanpa kurang suatu apapun.

Kepada Ibu Dwi Ediati selaku juri penilai, saya ucapkan terimakasih atas waktu dan tempat yang tlah disediakan. Sehingga pada pagi ini saya berkesempatan untuk berpidato dengan tema “Lingkungan Industri”.

Hadirin sekalian perlu kita ketahui bahwa bisnis yang kita kelola berada pada lingkungan industri tertentu. Namun untuk suatu bisnis, pembicaraan lingkungan industri lebih mengarah pada aspek persaingan. Arah yang mengungkap dimensi-dimensi lingkungan industri apa yang semestinya diperhatikan dalam kepentingan mampu bersaing berbasis power. Adalah kurang tepat bila power tidak diperbandingkan dengan pesaing.

Seperti yang kita ketahui bahwa setiap   kinerja   perusahaan   dipengaruhi   oleh   berbagai   faktor.   Faktor-faktor   yang mempengaruhinya antara lain : permintaan industri, persaingan industri, lingkungan ketenagakerjaan, dan peraturan-peraturan baik peraturan industri maupun peraturan pemerintah.

Keempat  Indikator  harus dicermati dan diantisipatif  kemungkinan terjadinya, karena dampak yang   ditimbulkannya   akan  mendorong   terciptanya   situasi   baru  yang  memaksa   perusahaan   untuk  mengambil keputusan bisnis.

Perlu diingat bahwa setiap keputusan bisnis tidak hanya berdiri sendiri, tetapi akan berdampak pada faktor-faktor  bisnis yang terkait lainnya. Dengan demikian kinerja bisnis dapat dioptimalkan dan ditingkatkan   terus   dari   waktu   ke   waktu.   Sehingga   pertumbuhan   bisnis   dapat   diciptakan   secara signifikan dan searah dengan visi dan misi perusahaan yang telah ditetapkan sebelumnya.

Ketersediaan Sumber tenaga kerja, tingkat persaingan dan permintaan industri yang wajar, dan peraturan pemerintah yang kondusif  merupakan harapan kebanyakan perusahaan dan tantangan untuk dapat memenagkan persaingan di tingkat indsutri.

Kharakteristik Industri yang mempengaruhi hasil bisnis antara lain  :
•    permintaan industri,
•    persaingan industri,
•    lingkungan ketenagakerjaan, dan
•    peraturan-peraturan baik peraturan industri maupun peraturan pemerintah.

Dampak Positif dan Dampak Negatif Lingkungan Industri
Dampak Positif :
a. Perubahan Tata Nilai dan Sikap
   Adanya Lingkungan Industri dalam budaya menyebabkan pergeseran nilai dan sikap masyarakat yang semua    irasional menjadi rasional.
b. Berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi Dengan berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi          masyarakat menjadi lebih mudah dalam beraktivitas dan mendorong untuk berpikir lebih maju.
c. Tingkat Kehidupan yang lebih Baik
   Dibukanya industri yang memproduksi alat-alat komunikasi dan transportasi yang canggih merupakan salah      satu usaha mengurangi penggangguran dan meningkatkan taraf hidup masyarakat.

Dampak Negatif :
a. Pola Hidup Konsumtif
   Perkembangan industri yang pesat membuat penyediaan barang kebutuhan masyarakat melimpah. Dengan        begitu masyarakat mudah tertarik untuk mengonsumsi barang dengan banyak pilihan yang ada.
b. Sikap Individualistik
    Masyarakat merasa dimudahkan dengan teknologi maju membuat mereka merasa tidak lagi membutuhkan        orang lain dalam beraktivitasnya. Kadang mereka lupa bahwa mereka adalah makhluk sosial.
c. Gaya Hidup Kebarat-baratan
    Tidak semua budaya Barat baik dan cocok diterapkan di Indonesia. Budaya negatif yang mulai menggeser       budaya asli adalah anak tidak lagi hormat kepada orang tua, kehidupan bebas remaja, dan lain-lain.
d. Kesenjangan Sosial
   Apabila dalam suatu komunitas masyarakat hanya ada beberapa individu yang dapat mengikuti arus                  modernisasi dan globalisasi maka akan memperdalam jurang pemisah antara individu dengan individu lain          yang     stagnan. Hal ini menimbulkan kesenjangan sosial.

Demikian pidato yang dapat saya sampaikan, apabila ada salahkata saya mohon maaf yang sebesar-besarnya.

Wassalamualaikum Wr, Wb,



Abdul Hamid
SMAN 3 Sukoharjo 


 
Lingkungan Industri Lingkungan Industri Reviewed by Unknown on Monday, March 15, 2010 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.