Recent Post By Lable

Mu-Sha Friends

Model Kurikulum Teknologi

Kurikulum di Negara kita telah berkembang dari masa ke masa sesuai dengan kebutuhan, tuntutan dan perkembangan masyarakat. Sebagian besar daripadanya merupakan kelanjutan dari kurikulum sebelumnya. Perubahan dan perkembangan kurikulum hendaknya mempunyai tujuan tertentu berdasarkan penelitian, perencanaan dan pemikiran yang cermat dan hati-hati.
Telah banyak ahli-ahli mengemukakan pendapatnya dan memberikan definisi tentang kurikulum. Penafsiran istilah kurikulum beragam pula seperti yang dikatakan oleh Thomas E. Curtis dan Wilma W. Bidwell (Curtis & Bidwell, 1976 hal. 143) bahwa “Interpretasi istilah kurikulum beragam mulai dari pendapat yang mengatakan bahwa kurikulum terdiri atas semua pengalaman yang dipunyai peserta didik yang diperoleh di bawah bimbingan sekolah sampai pada perdebatan bahwa kurikulum adalah hasil belajar yang sudah terlebih dahulu direncanakan pendidik. Sedangkan Fenwick W. English mengemukakan kurikulum akan timbul bila orang-orang sisekilah mengadopsi seperangkat respon terhadap seperangkat keadaan disekolah. Untuk kepentingan politik, pengajaran, social, kepentingan politik pengajaran social, pengelolaan respon tersebut diatas dituangkan hitam diatas putih, sehingga kurikulum ini menjadi suatu dokumen.
Dalam arti yang sempit kurikulum berarti “suatu garis besar pelajaran” sedangkan pada ujung ekstrim lainnya menurut Tyler adalah “segala sesuatu yang Nampak pada perencanaan, pengajaran dan belajar dalam lembaga pendidikan, sehingga pengembangan kurikulum akan merujuk kepada mengembangkan rencana-rencana program pendidikan.
Nana Syaodih (1997) menjelaskan bahwa “ pemilihan suatu model  pengembangan kurikulum bukan saja didasarkan atas kelebihan dan kebaikannya serta pencapaian hasil yang optimal, tetapi juga perlu disesuaikan dengan sistem pendidikan dan sistem pengelolaan pendidikan yang dianut, serta model konsep pendidikan mana yang digunakan.”
Perspektif teknologi sebagai kurikulum ditekankan pada efektivitas program metode dan material untuk mencapai suatu manfaat dan keberhasilan. Teknologi mempengaruhi kurikulum dalam dua cara, yaitu aplikasi dan teori dan aplikasi. Aplikasi teknologi merupakan suatu rencana penggunaan beragam alat dan media, atau tahapan basis instruksi. Sebagai teori, teknologi digunakan dalam pengembangan dan evaluasi material kurikulum dan instruksional. Pandangan pertama menyatakan bahwa pemanfaatan teknologi lebih diarahkan pada bagimana mengajarkannya, bukan apa yang diajarkan. Adapun pandangan kedua menyatakan bahwa teknologi diarahkan pada penerapan tahapan instruksional.

Model Kurikulum Teknologi Model Kurikulum Teknologi Reviewed by Unknown on Friday, December 23, 2011 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.