Model Kurikulum Teknologi
Kurikulum di Negara kita telah berkembang dari masa
ke masa sesuai dengan kebutuhan, tuntutan dan perkembangan masyarakat. Sebagian
besar daripadanya merupakan kelanjutan dari kurikulum sebelumnya. Perubahan dan
perkembangan kurikulum hendaknya mempunyai tujuan tertentu berdasarkan
penelitian, perencanaan dan pemikiran yang cermat dan hati-hati.
Telah banyak ahli-ahli mengemukakan pendapatnya dan
memberikan definisi tentang kurikulum. Penafsiran istilah kurikulum beragam
pula seperti yang dikatakan oleh Thomas E. Curtis dan Wilma W. Bidwell (Curtis
& Bidwell, 1976 hal. 143) bahwa “Interpretasi istilah kurikulum beragam
mulai dari pendapat yang mengatakan bahwa kurikulum terdiri atas semua
pengalaman yang dipunyai peserta didik yang diperoleh di bawah bimbingan sekolah
sampai pada perdebatan bahwa kurikulum adalah hasil belajar yang sudah terlebih
dahulu direncanakan pendidik. Sedangkan Fenwick W. English mengemukakan
kurikulum akan timbul bila orang-orang sisekilah mengadopsi seperangkat respon
terhadap seperangkat keadaan disekolah. Untuk kepentingan politik, pengajaran,
social, kepentingan politik pengajaran social, pengelolaan respon tersebut
diatas dituangkan hitam diatas putih, sehingga kurikulum ini menjadi suatu
dokumen.
Dalam arti yang sempit kurikulum berarti “suatu
garis besar pelajaran” sedangkan pada ujung ekstrim lainnya menurut Tyler
adalah “segala sesuatu yang Nampak pada perencanaan, pengajaran dan belajar
dalam lembaga pendidikan, sehingga pengembangan kurikulum akan merujuk kepada
mengembangkan rencana-rencana program pendidikan.
Nana Syaodih (1997) menjelaskan bahwa “ pemilihan
suatu model pengembangan kurikulum bukan
saja didasarkan atas kelebihan dan kebaikannya serta pencapaian hasil yang
optimal, tetapi juga perlu disesuaikan dengan sistem pendidikan dan sistem
pengelolaan pendidikan yang dianut, serta model konsep pendidikan mana yang
digunakan.”
Perspektif teknologi sebagai kurikulum ditekankan
pada efektivitas program metode dan material untuk mencapai suatu manfaat dan
keberhasilan. Teknologi mempengaruhi kurikulum dalam dua cara, yaitu aplikasi
dan teori dan aplikasi. Aplikasi teknologi merupakan suatu rencana penggunaan
beragam alat dan media, atau tahapan basis instruksi. Sebagai teori, teknologi digunakan
dalam pengembangan dan evaluasi material kurikulum dan instruksional. Pandangan
pertama menyatakan bahwa pemanfaatan teknologi lebih diarahkan pada bagimana
mengajarkannya, bukan apa yang diajarkan. Adapun pandangan kedua menyatakan
bahwa teknologi diarahkan pada penerapan tahapan instruksional.
Model Kurikulum Teknologi
Reviewed by Unknown
on
Friday, December 23, 2011
Rating:
No comments:
Post a Comment