Model Kurikulum Hilda Taba
Pada
mulanya kurikulum sering diartikan sebagai sejumlah bahan pelajaran yang
disusun secara logis, atau isi pengajaran yang disajikan oleh guru. Kurikulum
sering pula disamakan dengan silabus atau rangkuman pokok bahasan yang akan
diajarkan. Kurikulum dipandang sebagai suatu bahan tertulis yang berisi uraian
tentang program pendidikan suatu sekolah yang harus dilaksanakan dari tahun ke
tahun. Kurikulum dipandang sebagai program pendidikan yang direncanakan dan
dilaksanakan untuk mencapai tujuan-tujuan pendidikan tertentu. Kurikulum ialah
suatu program pendidikan yang berisikan berbagai bahan ajar dan pengalaman
belajar yang diprogramkan, direncanakan dan dirancangkan secara sistemik atas
dasar norma-norma yang berlaku yang dijadikan pedoman dalam proses pembelajaran
bagi tenaga kependidikan dan peserta didik untuk mencapai tujuan pendidikan.
Ralph
Tyler (1935): kurikulum adalah seluruh pengalaman belajar yang direncanakan dan
diarahkan oleh sekolah untuk mencapai tujuan pendidikannya. Hilda Taba (1962):
kurikulum adalah pernyataan tentang tujuan-tujuan pendidikan yang bersifat umum
dan khusus dan materinya dipilih dan diorganisasikan berdasarkan suatu pola
tertentu untuk kepentingan belajar dan mengajar.
Pemahaman
dalam menginterpretasi makna kurikulum begitu luas. Maka hal itu menjadi sebuah
pertanyaan, apakah kurikulum itu ada pengertian yang telah disusun secara
spesifik dan disetujui oleh banyak golongan? Ataukah pengertian kurikulum itu
harus disesuaikan dengan objek yang dituju? Tapi pada dasarnya dari berbagai
definisi tentang kurikulum di atas, maksud dan tujuannya sama yaitu tentang
pengertian kurikulum pendidikan. Banyak model yang digunakan dalam pengembangan
kurikulum. Pemilihan suatu model pengembangan kurikulum bukan saja didasarkan
pada kelebihan dan kemungkinan pencapaian hasil yang optimal, tetapi juga perlu
disesuaikan dengan sistem pendidikan dan sistem pengelolaan pendidikan yang
dianut. Banyak model yang dapat digunakan dalam pengembangan kurikulum. Pemilihan
suatu model pengembangan kurikulum bukan saja didasarkan atas kelebihan dan
kebaikan-kebaikannya serta kemungkinan pencapaian hasil yang optimal, tetapi
juga perlu disesuaikan dengan sistem pendidikan dan sistem pengolahan
pendidikan yang dianut serta model konsep pendidikan mana yangdigunakan. Adapun
model dalam pengembangan kurikulum diantaranya yaitu Model Taba.
Model Kurikulum Hilda Taba
Reviewed by Unknown
on
Friday, December 23, 2011
Rating:
No comments:
Post a Comment