Recent Post By Lable

Mu-Sha Friends

Model Kurikulum Hilda Taba


Pada mulanya kurikulum sering diartikan sebagai sejumlah bahan pelajaran yang disusun secara logis, atau isi pengajaran yang disajikan oleh guru. Kurikulum sering pula disamakan dengan silabus atau rangkuman pokok bahasan yang akan diajarkan. Kurikulum dipandang sebagai suatu bahan tertulis yang berisi uraian tentang program pendidikan suatu sekolah yang harus dilaksanakan dari tahun ke tahun. Kurikulum dipandang sebagai program pendidikan yang direncanakan dan dilaksanakan untuk mencapai tujuan-tujuan pendidikan tertentu. Kurikulum ialah suatu program pendidikan yang berisikan berbagai bahan ajar dan pengalaman belajar yang diprogramkan, direncanakan dan dirancangkan secara sistemik atas dasar norma-norma yang berlaku yang dijadikan pedoman dalam proses pembelajaran bagi tenaga kependidikan dan peserta didik untuk mencapai tujuan pendidikan.
Ralph Tyler (1935): kurikulum adalah seluruh pengalaman belajar yang direncanakan dan diarahkan oleh sekolah untuk mencapai tujuan pendidikannya. Hilda Taba (1962): kurikulum adalah pernyataan tentang tujuan-tujuan pendidikan yang bersifat umum dan khusus dan materinya dipilih dan diorganisasikan berdasarkan suatu pola tertentu untuk kepentingan belajar dan mengajar.
Pemahaman dalam menginterpretasi makna kurikulum begitu luas. Maka hal itu menjadi sebuah pertanyaan, apakah kurikulum itu ada pengertian yang telah disusun secara spesifik dan disetujui oleh banyak golongan? Ataukah pengertian kurikulum itu harus disesuaikan dengan objek yang dituju? Tapi pada dasarnya dari berbagai definisi tentang kurikulum di atas, maksud dan tujuannya sama yaitu tentang pengertian kurikulum pendidikan. Banyak model yang digunakan dalam pengembangan kurikulum. Pemilihan suatu model pengembangan kurikulum bukan saja didasarkan pada kelebihan dan kemungkinan pencapaian hasil yang optimal, tetapi juga perlu disesuaikan dengan sistem pendidikan dan sistem pengelolaan pendidikan yang dianut. Banyak model yang dapat digunakan dalam pengembangan kurikulum. Pemilihan suatu model pengembangan kurikulum bukan saja didasarkan atas kelebihan dan kebaikan-kebaikannya serta kemungkinan pencapaian hasil yang optimal, tetapi juga perlu disesuaikan dengan sistem pendidikan dan sistem pengolahan pendidikan yang dianut serta model konsep pendidikan mana yangdigunakan. Adapun model dalam pengembangan kurikulum diantaranya yaitu Model Taba.

Model Kurikulum Hilda Taba Model Kurikulum Hilda Taba Reviewed by Unknown on Friday, December 23, 2011 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.