Recent Post By Lable

Mu-Sha Friends

Model Kurikulum Administratif


Penyelengaraan pendidikan yang pada umumnya yang ada  di sekolah-sekolah kita hanya ditujukan kepada siswa yang berkemampuan rata-rata, sehingga siswa yang berkemampuan lebih dan siswa yang berkemampuan kurang terabaikan. Dengan demilkian, siswa-siswa yang berkategori diluar rata-rata itu (sangat pintar atau sangat bodoh) tidak mendapat kesempatan yang memadai untuk berkembang sesuai dengan kapasitasnya serta  praktik pengimplementasian kurikulum sering terjadi kecendurungan hanya menekankan pada mata pelajaran artinya isi materi atau yang harus dipelajari peserta didik hanya berpusat pada disiplin ilmu yang terstruktur, sistematis dan logis, sehingga mengabaikan pengetahuan dan kemampuan yang dibutuhkan sejalan perkembangan masyarakat.
Kurikulum secara umum didefinisikan sebagai rencana atau planning yang dikembangkan untuk memperlancar proses belajar dan mengajar dengan arahan dan bimbingan sekolah serta anggota stafnya. Pengembangan kurikulum merupakan bagian yang esensial dalam proses pendidikan. Sasaran yang ingin dicapai bukan semata-mata memproduksi bahan pelajaran melainkan lebih dititikberatkan untuk meningkatkan kualiatas pendidikan.
Kegiatan pengembangan kurikulum sekolah memerlukan model yang dijadikan lambang teroritis untuk melaksanakan suatu kegiatan. Model atau konstruksi merupakan ulasan teroritis tentang suatu konsepsi dasar. Dalam makalah ini akan dikemukakan salah satu model pengembangan kurikulum, yang hendaknya bisa dipergunakan untuk mengembangkan kurikulum menuju proses belajar mengajar untuk mencapai dan meningkatkan kualitas pendidikan. Model pengembangan kurikulum tersebut adalah administrative model.

Model Kurikulum Administratif Model Kurikulum Administratif Reviewed by Unknown on Friday, December 23, 2011 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.