Lead-Lead Stilistik
Lead-Lead
Stilistik
Apa
sih lead stilistik itu?
Istilah stilistika berasal dari istilah stylistics dalam
bahasa Inggris. Istilah stilistika atau stylistics terdiri dari dua kata style
dan ics. Stylist adalah pengarang atau pembicara yang baik gaya bahasanya,
perancang atau ahli dalam mode. Ics atau ika adalah ilmu, kaji, telaah.
Stilistika adalah ilmu gaya atau ilmu gaya bahasa.
Dalam Tifa Penyair dan Daerahnya, Jassin merumuskan bahwa
ilmu bahasa yang menyelidiki gaya bahasa disebut stilistika atau ilmu gaya (1978:127).
Dalam Mitos dan Komunikasi, “Strategi untuk Suatu Penyelidikan Stilistika,”
Yunus merumuskan stilistik (a) dibatasi kepada penggunaan bahasa dalam karya
sastra.
Kenapa
lead stilistik itu diperlukan?
Seorang penulis berita'yang baik berusaha keras
untuk,tidak ingin menjadi terlalu mekanistis. Sebuah suratkabar y,ang penuh
denagn Iead-Iead ringkasan yang lugas di setiap kolomnya akan terasa
menjemukan. Ada berita-berita yang memberi kemungkinan untuk diperlakukan
sebagai feature - yaitu diperindah, diperhidup, bahkan dibuat seperti
tulisan-tulisan kreatif yang pada tingkatannya yang terbgik merupakan bagian
dari kesusasteraan hidup kita. Reporter yang menangani beritanya dengan cara
straight, lugas, padahal bisa dibuat hidup, ia adaldh reporter yang lalai. Jika
ia senantiasa berbuat demikian, maka ia tak akan pernah dapat meniagkatkan
tahap keterampilannya lebih tinggi dari anak tangga yang terendah.
Tipe-Tipe Lead
Beberapa tipe lead dalam jurnalistik yang sering digunaan oleh wartawan
atau reporter adalah sebagai berikut:
- Lead menonjok
Lead yang mengguncang pembaca di baris pertama, dan
pembaca itu pasti akan buru-buru membaca baris berikutnya, jika pada lead
terdapat pernyataan pendek dan memikat tentang faktanya.
- Lead deskriptif
Lead yang menggambarkan bagian penting dari suatu peristiwa.
- Lead kontras
Lead yang menggambarkan kekontrasan dalam suatu peristiwa.
- Lead bertanya
Lead yang menggunakan kalimat tanya tentang hal atau penyebab
penting peristiwa.
- Lead kutipan
Lead yang menggunakan kutipan penting dari narasumber.
- Lead kepenasaran kumulatif
Lead yang menyajikan peristiwa secara berurut, membawa pembaca
sampai pada antiklimaks peristiwa.
- Lead berurutan
Lead yang menyajikan suatu bagian peristiwa penting secara
berurut.
- Lead epigram
Lead yang menyampaikan peristiwa dengan didahului ungkapan.
- Lead tersendat-sendat
Lead ini terdiri dari serangkaian frasa, yang disela oleh
titik atau tanda penghub ung dan biasanya mngambil bentuk seperti lead
deskriptif. Lead ini digunakan untuk memberikan tekanan pada kejadian yang
saling berkaitan yang dipisahkan dengan interval-interval tertentu.
- Lead ledakan
Lead yang mengemukakan hal yang mengejutkan dari suatu
peristiwa.
- Lead dialog
Lead yang terdiri dari dialog yang dianggap penting.
- Lead sapaan
Lead yang isinya disajikan seperti menyapa atau berbicara
dengan seseorang dalam peristiwa yang diberitakan.
Sumber:
Simbolon, Parakitri T. 1997. Vademekum Wartawan: Reportase Dasar. Jakarta: Kepustakaan Gramedia.
Lead-Lead Stilistik
Reviewed by Unknown
on
Thursday, April 12, 2012
Rating:
No comments:
Post a Comment