Recent Post By Lable

Mu-Sha Friends

Pilih Kuliahmu Dengan Bijak

To translate into another language, please use the translator on the toolbars below. Or use google translate.

Zaman sekarang kehidupan para remaja seringkali dikaitkan dengan hal yang modern. Apapun yang dimiliki pasti ingin yang terbaru dan mahal. Katanya sih buat gengsi, kalo gak bagus malu nunjukinnya, sekali lagi katanya begitu. Meskipun hal itu dirasa suatu hal yang biasa, tapi lihatlah situasi dan kondisi saudara, apakah dalam posisi yang menguntungkan atau malah dalam posisi menjatuhkan. Maksudnya, semua barang yang kita miliki tidak sepenuhnnya didapat dari jerih payah saudara sendiri. Tapi bukankah saudara masih ikut dengan orang tua saudara, dan apabila saudara tahu, saudara itu masih seperti monyet yang masih suka menggandul. Artinya saudara itu apapun masih lemah tanpa orang tua saudara. Jadi saudara jangan pernah bangga atas apa yang saudara miliki tapi bukan berasa dari jerih payah saudara sendiri.

Itu hanya sekedar gambaran orang yang selalu membanggakan apa yang dimiliki tapi tidak pernah akan menjadi miliknya, dari pada malah jadi panjang, lebar, tinggi. Langsung saja kembali kepembahasan utama, sesuai topic yang sudah saya papang diatas. Maka diharapkan nanti, bisa sedikit membantu saudara dalam memilih jenjang pendidikan di perguruan tinggi.
Nah, apabila hal ini dikaitkan dengan apa yang saudara harus lakukan setelah lulus nanti. Ini merupakan sebuah motivasi bagi saudara yang masih memikirkan gengsi dalam memilih perguruan tinggi kelak.

Memilih pendidikan lanjut di perguruan tinggi atau tempat kuliah, bukan berdasar untuk gengsi semata. Apabila saudara memilih kuliah dan jurusan berdasar gengsi, maka dampak negative yang ditimbulkan sangat besar sekali. Bahkan memang tidak bisa dipungkiri lagi, kalau yang terjadi malah hanya ada pemborosan saja. Kenapa saya katan pemborosan, asal saudara tahu. Bahwa apa yang terjadi disini, yang ada hanyalah kegagalan saja yang akan saudara hadapi.

Misalkan saudara mengambil jurusan kedokteran, katakanlah begitu. Tapi saudara memilih jurusan itu bukan berdasar skill yang saudara miliki, namun hanya untuk gengsi semata. Maka perkuliah saudara nanti tidak akan berjalan mulus.

Memilih perguruan tinggi dan jurusan tidaklah harus mahal dan terfavorite di kota itu. Namun, memilih perguruan tinggi dan jurusan sebisa mungkin dilandasi atas bakat dan minat saudara. Sehingga, apa yang menjadi potensial dalam diri kalian bisa ditumbuh kembangkan, hingga menghasilkan apa yang kita harapkan.

Bahkan dengan keberhasilan saudara dalam menumbuh kembangkan bakat yang saudara miliki, hal ini bisa membawa manfaat lebih. Misalkan kita lihat dari segi ekonomi-sosial.
Dengan kehidupan ekonomi-sosial saudara yang baik, pasti saudara memiliki nilai lebih dimata orang lain. Namun perlu digaris bawahi, bahwa kesuksesan itu sifatnya hanya sementara. Pepatah mengatakan “ terkadang kehidupan kita itu seperti roda yang berputar.” Jadi intinya janganlah kita sombong dengan apa yang kita miliki, karena semua itu akan dimintai pertanggung jawaban kelak diakherat.

Sekali lagi, mudah-mudahan apa yang telah sedikit saya sampaikan. Bisa dijadikan sebuah gambaran atau motivasi bagi saudara. Apabila ada kata yang kurang berkenan, saudara bisa meninggalkan komentar saudara.
Pilih Kuliahmu Dengan Bijak Pilih Kuliahmu Dengan Bijak Reviewed by Unknown on Friday, March 11, 2011 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.